Kamis, 21 Desember 2023

Refrensiku TUGAS makalah KERUPUK BELINJO

 


BELINJO CHIPS

JURUSAN MANAJEMEN

FAKULTAS EKONOMI

STIE SATYA DHARMA

SINGARAJA

2014




BAB 1

PENDAHULUAN

  1. LatarBelakang

Usaha adalah sesuatu bentuk yang dapat menghasilkan uang dan dapat meningkat kantaraf hidup seseorang untuk lebih baik.

Aktifitas perdagangan, merupakan suatu komponen ekonomi dan merupakan sarana untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat, maka saya berinisiatif untuk membuka usaha rumah tangga yang bergerak dibidang produksi gorengan, yang berbahan dari buah belinjo yang sudah kering banyak sekali ditemukan di pasar traditional. Buah belinjo dapat juga  di buat  atau di masak menjadi apa saja sesuai keinginnan kita.

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

BAB 2

ISI RENCANA USAHA

        A.    Nama Usaha

Usaha rumah tangga yang bergerak dibidang produksi gorengan yang terbuatdari bahan baku buah belinjo ini, kami menamakan usaha rumah tangga tersebut ”kerupuk belinjo

 

        B.     RencanaLokasi Usaha

Lokasi usaha yang direncanakan untuk pembuatan pedas manis ini ,akan diproduksi di singaraja,atau tepatnya di desa Anturan.

 

       C.    Target Pelanggan

Target pelanggan untuk penjualan petrik ini adalah semua elemen yang berada di wilayah singaraja dan kantin sekolah di singaraja.

 

        D.    Jenis Usaha

Usaha yang akan saya kelola adalah usaha rumah tangga yang memproduksi gorengan yang berbahan baku buah belinjo.

 

        E.     Faktor Penghambat dan Pendukung

Setiap usaha yang dijalankan, pasti ada yang sukses dan ada yang belum sukses seperti halnya usaha ini. Ada beberapa hal yang menurut kami akan menghambat dan sangat mendukung dalam menjalankan usaha ini.

A.    Faktor penghambat tersebutdiantaranya :

1.    Banyaknyausaha yang sama

2.    Harga bahan baku yang tidak stabil.

 

Tapi kami sudah merencanakan untuk memecahkan masalah faktor penghambat tersebut diantaranya yaitu dengan berhati–hati dalam mengelola setiap anggaran dana yang akan dikeluarkan. Sedangkan untuk mengatasi faktor yang kedua, yakni harga bahan baku tidak stabil, kami menyiasatinya dengan membeli kerupuk dengan jumlah yang banyak, agar jika suatu saat bahan baku tidak ada, kami sudah punya cadangannya.

B.     Faktor pendukung usaha ini diantaranya :

1.    Peralatan yang memadai

2.    Harga yang relatif terjangkau

3.    Merupakan salah satu bagian produk yang banyak dicari oleh konsumen.

 

      F.     Sumber dana.

                  Sumber dana awal yang di gunakan adalah modal sendiri,tetapi jika setelah berjalan mengalami kekurangan dana untuk mengembangkan usaha ini,maka perlu mencari dana tambahan seperti pinjaman pada bank.

 

 

 

      G.     Pengelolaan usaha.

                  Pengelolaan rencana usaha ini dilakukan secara sederhana dulu,tapi setelah berkembang untuk meningkatkan jumlah produksi pasti membutuhkan tambahan karyawan untuk meningkatkan jumlah produksi.

                  Sedangkan masalah kualitas produk,hendaknya di buat dengan sangat berkualitas. Untuk membuat produk yang berkualitas maka harus baik dalam pemilihan bahan baku,komposisinya,sering surve pasar dan rajin rajin mencari informasi di internet.

 

H.    Budget Details

 

Matter Name

SUM

PRICE

TOTAL

Belinjo chips unripe raw

5 kg

Rp 40.000,-

Rp 200.000,-

oil

2 bottle

Rp  8.000,-

Rp  16.000,-

plastic

10 ball

Rp  3.000,-

Rp  30.000,-

total

 

 

Rp 246.000,-

 

 

 

      H.     Pengembangan Usaha.

                  Untuk mengembangkan usaha ini harus dilakukan beberapa hal yaitu seperti berikut:

  • Menciptakan variasi produk
  • Sering mengadakan surve konsumen tentang produknya
  • Meningkatkan jumlah produksi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB 3

PENUTUP

 

   A.  ANTISIPASI MASA DEPAN

Sebagai wirausahawan yang baik, kami tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara mendatar. Kami akan terus mencoba memperbaiki kualitas pekerjaan kami, agar para peminat dan konsumen puas atas kritik (gorengan) yang kami buat. Karena apabila kualitas kue kami tidak kami tingkatkan kemungkinan besar usaha ini tidak akan maju, dan terancam bangkrut.

 

  B. KESIMPULAN

Menurut kami usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Kami sangat yakin bahwa usaha ini akan maju dan terus berkembang karena dilakukan oleh orang–orang yang mempunyai kualitas dalam menjalankan setiap pekerjaan. Kami sadar bahwa usaha ini tak akan langsung berkembang pesat tapi kami akan terus berjuang untuk terus menjalankan dan mengembangkan usaha ini.


 Untuk melihat MATERI atau makalah-makalah lainnya, silakan klik link dibawak ini:πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡ 

  • πŸ‘‰LINK DATA PUBLIK MANAJEMEN KEUANGAN (PUBLIK) , Link data Publik ini berisikan tentang referensi Manajemen Keuangan Publik yang sudah dibuat sendiri oleh penulis dengan tujuan dahulunya untuk memenuhi tugas- tugas sekolah dan selesai diterima dosen dapat nilai,  dan juga tempat sumber penyimpanan referensi-referensi dari penulis sendiri dan berbagai sumber lainnya. Dengan harapan semoga bisa berguna dan ada manfaatnya bagi kita semua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar