Refrensiku
by
.alumni STIE
BAB I
PENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang Masalah
Teori
perdagangan internasional adalah teori yang menjelaskan arah dan komposisi
perdagangan antar negara serta bagaimana efeknya terhadap perekonomian suatu
negara. Disamping itu, teori perdagangan internasional juga dapat
menunjukkan adanya keuntungan yang timbul dari adanya keuntungan perdagangan (gain
from trade). Teori yang menjelaskan tentang perdagangan internasional
pada dasarnya dibagi atas tiga kelompok besar, yaitu: teori praklasik
merkantilis, Teori Klasik, dan teori modern. Di dalam teori modern penulis
akan menguraikan tentang teori
permintaan dan penawaran.
Pada prinsipnya perdagangan antara kedua negara itu
timbul karena adanya perbedaan didalam permintaan maupun penawaran. Permintaan
ini berbeda misalnya, karena perbedaan pendapatan dan selera sedangkan
perbedaan penawaran misalnya, dikarenakan perbedaan didalam jumlah dan kualitas
faktor – faktor produksi, tingkat teknologi dan ekstranalitas. Misalnya ada dua
negara, domestik dan asing, keduanya mengkonsumsi gandum, yang dapat diangkut dari
satu ke lain negara tanpa menimbulkan biaya (biaya pengangkutan dianggap
nihil). Industri gandum di masing – masing negara betul betul bersifat
kompetitif dimana kurva penawaran dan permintaan merupakan fungsi dari harga
pasar. Lazimnya penawaran permintaan dosmetik akan bergantung pada harga dalam
mata uang domestik, dan permintaan dan penawaran asing akan bergantung pada
harga dalam mata uang asing, namun kita mengasumsikan bahwa nilai tukar antara
kedua mata uang tidak dipengaruhi oleh bentuk kebijakan perdagangan yang
diterapkan dipasar komoditi ini. Karena itu, kita mencantumkan harga dikedua
pasar dalam mata uang domestik.
Dengan demikian Perdagangan akan terjadi disuatu pasar
apabila terdapat perbedaan harga pada waktu sebelum perdagangan dan dalam
perdagangan internasional sangat dipengaruhi teori permintaan dan penawaran.
1.2 Rumusan Masalah
1.2.1 Apa
Pengertian Teori Permintaan dan Penawaran ?
1.2.2 Sebutkan Faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran ?
1.2.3 Jelaskan Dasar teori permintaan dan penawaran dari perdagangan
internasional ?
1.3 Tujuan Makalah
1.3.1 Untuk Mengetahui Pengertian Teori Permintaan
dan Penawaran
1.3.2 Untuk Mengetahui Faktor yang Mempengaruhi Penawaran
1.3.3 Untuk Mengetahui Dasar teori permintaan dan penawaran
dari perdagangan internasional
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian
Teori Permintaan dan Penawaran
2.1.1 Pengertian Hukum,
Kurva dan Teori Permintaan
Ø Permintaan (Demand)
Permintan adalah
banyaknya jumlah barang yang diminta pada suatu pasar tertentu dengan tingkat
harga tertentu pada tingkat pendapatan tertentu dan dalam periode tertentu.
Ø Hukum Permintaan (the low of
demand)
Hukum permintaan
pada hakikatnya merupakan suatu hipotesis
yang menyatakan :
“Hubungan antara barang yang diminta dengan harga
barang tersebut dimana hubungan berbanding terbalik yaitu ketika harga
meningkat atau naik maka jumlah barang yang diminta akan menurun dan sebaliknya
apabila harga turun jumlah barang meningkat.
(Qd = F.(Px, Py,
Ine,T,S, Pop,F)
Kurva Permintaan
Ø Kurva Permintaan dapat didefinisikan sebagai :
“Suatu kurva yang menggambarkan sifat hubungan antara
harga suatu
barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang
diminta para pembeli.”
Kurva permintaan berbagai jenis barang pada umumnya
menurun dari kiri ke kanan bawah. Kurva yang demikian disebabkan oleh sifat hubungan
antara harga dan jumlah yang diminta yang mempunyai sifat hubungan terbalik.
Kurva permintaan :
Ø Teori Permintaan
Dapat
dinyatakan : “Perbandingan lurus antara permintaan terhadap harganya yaitu
apabila permintaan naik, maka harga relatif akan naik, sebaliknya bila
permintaan turun, maka harga relatif akan turun.”
2.1.2 Pengertian, Hukum,
Kurva dan Teori Penawaran
Ø Penawaran (Supply)
Penawaran adalah
banyaknya barang yang ditawarkan oleh penjual
pada suatu pasar tertentu, pada periode tertentu, dan
pada tingkat harga
tertentu.
Ø Hukum Penawaran
Hukum penawaran
pada dasarnya mengatakan bahwa :
“Semakin tinggi harga suatu barang, semakin banyak
jumlah barang tersebut akan ditawarkan oleh para penjual. Sebaliknya, makin
rendah harga suatu barang, semakin sedikit jumlah barang tersebut yang ditawarkan.”
Ø Kurva Penawaran
Kurva penawaran
dapat didefinisikan sebagai :
“Yaitu suatu kurva yang menunjukkan hubungan diantara
harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang ditawarkan”.
ü Kalau penawaran bertambah diakibatkan oleh
faktor-faktor di luar
harga,
maka supply bergeser ke kiri atas.
ü
Kalau
berkurang kurva supply bergeser ke kiri atas
ü
Terbentuknya
harga pasar ditentukan oleh mekanisme pasar
Kurva penawaran :
2.2
Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran Dalam Ekonomi Internasional
v Beberapa Faktor yang
Mempengaruhi Permintaan
Permintaan seseorang atau suatu
masyarakat kepada suatu barang ditentukan oleh faktor-faktor,diantaranya :
1.
Harga barang itu sendiri
Jika harga suatu barang semakin murah,
maka permintaan terhadap barang itu
bertambah.
2.
Harga barang lain yang
terkait
Berpengaruh
apabila terdapat 2 barang yang saling terkait yang keterkaitannya dapat bersifat subtitusi (pengganti) dan
bersifat komplemen (penggenap).
3.
Tingkat pendapatan
perkapita
Dapat mencerminkan daya beli. Makin
tinggi tingkat pendapatan, daya beli makin kuat, sehingga permintaan terhadap
suatu barang meningkat.
4.
Selera atau kebiasaan
Tinggi rendahnya suatu permintaan
ditentukan oleh selera atau kebiasaan dari pola hidup suatu masyarakat.
5.
Jumlah penduduk
Semakin banyak jumlah penduduk yang
mempunyai selera atau kebiasaan akan kebutuhan barang tertentu, maka semakin
besar permintaan terhadap barang tersebut.
6.
Perkiraan harga di masa
mendatang
Bila kita memperkirakan bahwa harga suatu
barang akan naik, adalah lebih baik membeli barang tersebut sekarang, sehingga
mendorong orang untuk membeli lebih banyak saat ini guna menghemat belanja di
masa depan.
7.
Distribusi pendapatan
Tingkat pendapatan perkapita bisa
memberikan kesimpulan yang salah bila distribusi pendapatan buruk. Jika
distribusi pendapatan buruk, berarti daya beli secara umum melemah, sehingga
permintaan terhadap suatu barang menurun.
8.
Usaha-usaha produsen
meningkatkan penjualan.
Bujukan para penjual untuk membeli barang
besar sekali peranannya dalam mempengaruhi masyarakat. Usaha-usaha promosi
kepada pembeli sering mendorong orang untuk membeli banyak daripada biasanya.
v Beberapa Faktor yang
Mempengaruhi Penawaran
Keinginan para
penjual dalam menawarkan barangnya pada berbagai tingkat harga ditentukan oleh
beberapa faktor. Yang tepenting adalah :
1. Harga _ P _ Q
2. Harga barang
lain _ Px _ Qy
3. Biaya faktor
produksi _ FP _ cost _ π _ Qs
4. Teknologi _ T _
cost _ π _ Qs
5. Tujuan
perusahaan
6. Ekspektasi
(ramalan)
Secara matematis
Qs = F (Px, Py, Fp, T1
............... )
Persamaan penawaran Qs = a +
bp
2.3
Dasar Teori Permintaan Dan Penawaran Dari Perdagangan Internasional
Dasar teori
permintaan dan penawaran dari perdagangan internasional adalah dikarenakan
disetiap negara tidak selamanya dapat memproduksi semua komuditi yang
dihasilkan dan dibutuhkan masyarakat, akibat karena adanya biaya relatif dalam
menghasilkan setiap komoditi tertentu. Hal ini melandasi pemikiran permintaan
dan penawaran terjadi karena adanya perbedaan permintaan dan penawaran.
Perbedaan permintaan disebabkan karena perbedaan dalam pendapatan perkapita dan
selera masyarakat serta faktor lainnya yang mempengaruhi permintaan antara
kedua negara. Sedangkan penawaran berbeda karena adanya perbedaan jumlah maupun
kualitas faktor-faktor produksi, tingkat teknologi, faktor eksternalitas serta
faktor lainnya yang mempengaruhi penawaran suplay secara produk.
Misalnya, di
Indonesia permintaan terhadap X ( Kain) sedikit, sedangkan di AS banyak. Maka
diindonesia akan menjual sisa X, setelah dikurangi jumlah yang dikonsumsi
dipasar domestik, ke AS. Sebaliknya, permintaan terhadap Y ( Televisi ) di
Indonesia lebih besar dari pada di AS. Maka AS akan mngeksport televisi yang
diproduksinya. Permintaan ini berbeda misalnya, karena perbedaan pendapatan dan
selera sedangkan perbedaan penawaran misalnya, dikarenakan perbedaan didalam
jumlah dan kualitas dalam faktor- faktor produksi tingkat teknologi dan
eksternalitas.
BAB
III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Demikian Perdagangan akan terjadi disuatu pasar
internasional apabila terdapat perbedaan harga pada waktu sebelum perdagangan
dan dalam perdagangan internasional sangat dipengaruhi teori permintaan dan penawaran.
Dasar teori permintaan dan penawaran dari perdagangan
internasional adalah dikarenakan disetiap negara tidak selamanya dapat
memproduksi semua komuditi yang dihasilkan dan dibutuhkan masyarakat, akibat
karena adanya biaya relatif dalam menghasilkan setiap komoditi tertentu. Hal
ini melandasi pemikiran permintaan dan penawaran terjadi karena adanya
perbedaan permintaan dan penawaran.
.
3.2 Saran
Pemerintah harus bekerja sesuai dengan semaksimal
mungkin, jujur, bertanggung jawab, dan transparan tehadap masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar