Jumat, 22 Desember 2023

Refrensiku Makalah ekonomi interNasional !! teori penerimaan n penawaran

 Refrensiku

by


.alumni STIE


BAB I

PENDAHULUAN

 

I.1 Latar Belakang Masalah

                  Teori perdagangan internasional adalah teori yang menjelaskan arah dan komposisi perdagangan antar negara serta bagaimana efeknya terhadap perekonomian suatu negara.  Disamping itu, teori perdagangan internasional juga dapat menunjukkan adanya keuntungan yang timbul dari adanya keuntungan perdagangan (gain from trade). Teori yang menjelaskan tentang perdagangan internasional  pada dasarnya dibagi atas tiga kelompok besar, yaitu: teori praklasik merkantilis, Teori Klasik, dan  teori modern. Di dalam teori modern penulis akan menguraikan tentang teori permintaan dan penawaran.

Pada prinsipnya perdagangan antara kedua negara itu timbul karena adanya perbedaan didalam permintaan maupun penawaran. Permintaan ini berbeda misalnya, karena perbedaan pendapatan dan selera sedangkan perbedaan penawaran misalnya, dikarenakan perbedaan didalam jumlah dan kualitas faktor – faktor produksi, tingkat teknologi dan ekstranalitas. Misalnya ada dua negara, domestik dan asing, keduanya mengkonsumsi gandum, yang dapat diangkut dari satu ke lain negara tanpa menimbulkan biaya (biaya pengangkutan dianggap nihil). Industri gandum di masing – masing negara betul betul bersifat kompetitif dimana kurva penawaran dan permintaan merupakan fungsi dari harga pasar. Lazimnya penawaran permintaan dosmetik akan bergantung pada harga dalam mata uang domestik, dan permintaan dan penawaran asing akan bergantung pada harga dalam mata uang asing, namun kita mengasumsikan bahwa nilai tukar antara kedua mata uang tidak dipengaruhi oleh bentuk kebijakan perdagangan yang diterapkan dipasar komoditi ini. Karena itu, kita mencantumkan harga dikedua pasar dalam mata uang domestik.

Dengan demikian Perdagangan akan terjadi disuatu pasar apabila terdapat perbedaan harga pada waktu sebelum perdagangan dan dalam perdagangan internasional sangat dipengaruhi  teori permintaan dan penawaran.

 

       

1.2 Rumusan Masalah

      1.2.1 Apa Pengertian Teori Permintaan dan Penawaran ?

      1.2.2  Sebutkan Faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran ?

1.2.3  Jelaskan Dasar teori permintaan dan penawaran dari perdagangan internasional ?

1.3 Tujuan Makalah

      1.3.1  Untuk Mengetahui Pengertian Teori Permintaan dan Penawaran

      1.3.2  Untuk Mengetahui Faktor yang Mempengaruhi Penawaran

1.3.3 Untuk Mengetahui Dasar teori permintaan dan penawaran dari perdagangan internasional

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

2.1  Pengertian Teori Permintaan dan Penawaran

2.1.1 Pengertian Hukum, Kurva dan Teori Permintaan

Ø Permintaan (Demand)

Permintan adalah banyaknya jumlah barang yang diminta pada suatu pasar tertentu dengan tingkat harga tertentu pada tingkat pendapatan tertentu dan dalam periode tertentu.

Ø Hukum Permintaan (the low of demand)

Hukum permintaan pada hakikatnya merupakan suatu hipotesis

yang menyatakan :

“Hubungan antara barang yang diminta dengan harga barang tersebut dimana hubungan berbanding terbalik yaitu ketika harga meningkat atau naik maka jumlah barang yang diminta akan menurun dan sebaliknya apabila harga turun jumlah barang meningkat.

(Qd = F.(Px, Py, Ine,T,S, Pop,F)

Kurva Permintaan

Ø Kurva Permintaan dapat didefinisikan sebagai :

“Suatu kurva yang menggambarkan sifat hubungan antara harga suatu

barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang diminta para pembeli.”

Kurva permintaan berbagai jenis barang pada umumnya menurun dari kiri ke kanan bawah. Kurva yang demikian disebabkan oleh sifat hubungan antara harga dan jumlah yang diminta yang mempunyai sifat hubungan terbalik.

 

Kurva permintaan :

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg_hYQ4lJvn1XVwEF8ftuFKnLDpQYePVYhMFUlHxj97O72M05j4jfvak0QdqP3k6-OrWxBQZjyEXvNmEIh58t9BCG1TFwMT0jw3KWqVJc1E36CzUHQWVZXPH4qADw70B_wlc2Ag_IIHcJRj/s320/kurva+permintaan.PNG

 

Ø Teori Permintaan

     Dapat dinyatakan : “Perbandingan lurus antara permintaan terhadap harganya yaitu apabila permintaan naik, maka harga relatif akan naik, sebaliknya bila permintaan turun, maka harga relatif akan turun.”

2.1.2 Pengertian, Hukum, Kurva dan Teori Penawaran

Ø Penawaran (Supply)

Penawaran adalah banyaknya barang yang ditawarkan oleh penjual

pada suatu pasar tertentu, pada periode tertentu, dan pada tingkat harga

tertentu.

Ø Hukum Penawaran

Hukum penawaran pada dasarnya mengatakan bahwa :

“Semakin tinggi harga suatu barang, semakin banyak jumlah barang tersebut akan ditawarkan oleh para penjual. Sebaliknya, makin rendah harga suatu barang, semakin sedikit jumlah barang tersebut yang ditawarkan.”

Ø Kurva Penawaran

Kurva penawaran dapat didefinisikan sebagai :

“Yaitu suatu kurva yang menunjukkan hubungan diantara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang ditawarkan”.

ü  Kalau penawaran bertambah diakibatkan oleh faktor-faktor di luar

            harga, maka supply bergeser ke kiri atas.

ü  Kalau berkurang kurva supply bergeser ke kiri atas

ü  Terbentuknya harga pasar ditentukan oleh mekanisme pasar

Kurva penawaran :

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiTIEBzuMF2yNxjXjFBFW1RgcQHiYlAOO0qt0S6tu3x4vDQYbqm9aJNOotvriJufRVFINwSzfjVKaFD4Uv09o6mowZ8fHmXH4mEpc4zkg7P-513J5gNSN7kZWdOS-OotdGvwnvlvLF-65t-/s320/kurva+penawaran.PNG

 

 

 

2.2 Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran Dalam Ekonomi Internasional

v  Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Permintaan

       Permintaan seseorang atau suatu masyarakat kepada suatu barang ditentukan oleh faktor-faktor,diantaranya :

1.      Harga barang itu sendiri

      Jika harga suatu barang semakin murah, maka permintaan terhadap barang itu  bertambah.

2.      Harga barang lain yang terkait

       Berpengaruh apabila terdapat 2 barang yang saling terkait yang keterkaitannya   dapat bersifat subtitusi (pengganti) dan bersifat komplemen (penggenap).

3.      Tingkat pendapatan perkapita

       Dapat mencerminkan daya beli. Makin tinggi tingkat pendapatan, daya beli makin kuat, sehingga permintaan terhadap suatu barang meningkat.

4.      Selera atau kebiasaan

       Tinggi rendahnya suatu permintaan ditentukan oleh selera atau kebiasaan dari pola hidup suatu masyarakat.

5.      Jumlah penduduk

       Semakin banyak jumlah penduduk yang mempunyai selera atau kebiasaan akan kebutuhan barang tertentu, maka semakin besar permintaan terhadap barang tersebut.

6.      Perkiraan harga di masa mendatang

       Bila kita memperkirakan bahwa harga suatu barang akan naik, adalah lebih baik membeli barang tersebut sekarang, sehingga mendorong orang untuk membeli lebih banyak saat ini guna menghemat belanja di masa depan.

7.      Distribusi pendapatan

       Tingkat pendapatan perkapita bisa memberikan kesimpulan yang salah bila distribusi pendapatan buruk. Jika distribusi pendapatan buruk, berarti daya beli secara umum melemah, sehingga permintaan terhadap suatu barang menurun.

8.      Usaha-usaha produsen meningkatkan penjualan.

       Bujukan para penjual untuk membeli barang besar sekali peranannya dalam mempengaruhi masyarakat. Usaha-usaha promosi kepada pembeli sering mendorong orang untuk membeli banyak daripada biasanya.

 

v  Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Penawaran

Keinginan para penjual dalam menawarkan barangnya pada berbagai tingkat harga ditentukan oleh beberapa faktor. Yang tepenting adalah :

1. Harga _ P _ Q

2. Harga barang lain _ Px _ Qy

3. Biaya faktor produksi _ FP _ cost _ π _ Qs

4. Teknologi _ T _ cost _ π _ Qs

5. Tujuan perusahaan

6. Ekspektasi (ramalan)

Secara matematis

Qs = F (Px, Py, Fp, T1 ............... )

Persamaan penawaran Qs = a + bp

 

2.3 Dasar Teori Permintaan Dan Penawaran Dari Perdagangan Internasional

Dasar teori permintaan dan penawaran dari perdagangan internasional adalah dikarenakan disetiap negara tidak selamanya dapat memproduksi semua komuditi yang dihasilkan dan dibutuhkan masyarakat, akibat karena adanya biaya relatif dalam menghasilkan setiap komoditi tertentu. Hal ini melandasi pemikiran permintaan dan penawaran terjadi karena adanya perbedaan permintaan dan penawaran. Perbedaan permintaan disebabkan karena perbedaan dalam pendapatan perkapita dan selera masyarakat serta faktor lainnya yang mempengaruhi permintaan antara kedua negara. Sedangkan penawaran berbeda karena adanya perbedaan jumlah maupun kualitas faktor-faktor produksi, tingkat teknologi, faktor eksternalitas serta faktor lainnya yang mempengaruhi penawaran suplay secara produk.

Misalnya, di Indonesia permintaan terhadap X ( Kain) sedikit, sedangkan di AS banyak. Maka diindonesia akan menjual sisa X, setelah dikurangi jumlah yang dikonsumsi dipasar domestik, ke AS. Sebaliknya, permintaan terhadap Y ( Televisi ) di Indonesia lebih besar dari pada di AS. Maka AS akan mngeksport televisi yang diproduksinya. Permintaan ini berbeda misalnya, karena perbedaan pendapatan dan selera sedangkan perbedaan penawaran misalnya, dikarenakan perbedaan didalam jumlah dan kualitas dalam faktor- faktor produksi tingkat teknologi dan eksternalitas.

 

 



BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Demikian Perdagangan akan terjadi disuatu pasar internasional apabila terdapat perbedaan harga pada waktu sebelum perdagangan dan dalam perdagangan internasional sangat dipengaruhi  teori permintaan dan penawaran.

Dasar teori permintaan dan penawaran dari perdagangan internasional adalah dikarenakan disetiap negara tidak selamanya dapat memproduksi semua komuditi yang dihasilkan dan dibutuhkan masyarakat, akibat karena adanya biaya relatif dalam menghasilkan setiap komoditi tertentu. Hal ini melandasi pemikiran permintaan dan penawaran terjadi karena adanya perbedaan permintaan dan penawaran.

 

                  .

3.2 Saran

Pemerintah harus bekerja sesuai dengan semaksimal mungkin, jujur, bertanggung jawab, dan transparan tehadap masyarakat.

 

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar